Dulu Mati-matian Rebut Kemerdekaan, Kini Seorang PETERAN Banting Tulang Jualan Mainan Di Usia 87 tahun


 Perjuangan merebut kemerdekaan dari segala bentuk kolonialisme dari kaum penjajah bukanlah perkara mudah. Butuh cucuran air mata hingga darah yang siap dikorbankan demi kokohnya tembok negara Republik Indonesia pada tahun 1945 lalu.


Pak Min adalah salah satu sosok pejuang yang rela menyerahkan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia. Meski demikian, kini dirinya masih harus berjuang untuk bertahan hidup dengan berjualan mainan di pinggir jalan.


Simak ulasannya berikut ini.

Salah Satu Pahlawan Kemerdekaan

Dikutip dari laman Instagram thoric.idn, sebuah video nampak memperlihatkan perjuangan seorang pria lanjut usia yang masih harus membanting tulang siang dan malam. Seorang pria yang berusia 87 tahun tersebut diketahui bernama Pak Min.

"Pak Min, satu dari di antara Pahlawan yang masih hidup. Pak Min lahir tahun 1933. Usia 87 tahun," tulis sang pengunggah video.

Berjualan Mainan


Melalui video yang berdurasi kurang dari 15 detik tersebut, terlihat berjajar rapi dagangan Pak Min yang berupa mainan anak-anak. Raut wajahnya yang sendu mengisyaratkan banyak hal kepada generasi muda sebagai penopang perjuangan Indonesia saat ini.

"Kini, sosok pahlawan yang dulu berjuang melawan penjajah: duduk, berjualan mainan, celengan di depan Boulevard UNS," imbuh sang pemilik akun.

Berjualan Hingga Malam Hari

Meski dirinya kini sudah tua renta, ia tetap membanting tulang berjualan mainan hingga tak kenal lelah. Sang pemilik akun pun menuliskan bahwa Pak Min kerap berjualan dari pagi hingga malam hari sembari berpindah lokasi jualan.

Meski tak selalu terjual, namun paras Pak Min selalu tampak ramah. Senyum di bibirnya pun sesekali tersungging kala banyak calon pembeli yang menyapanya atau hanya sekadar melewati dagangannya.

Cerita Haru Warganet

Sontak unggahan ini mendapatkan respon dari banyak warganet. Dari mulai banyak pihak yang akrab dengan sosok pria satu ini hingga warganet yang merasa terharu dengan aksi perjuangan Pak Min hingga saat ini.


"Alhamdulillah beliau ramah sekali mas, pas cerita zaman penjajahan dulu beliau sampai nangis," kata angeliaashiwi.


"Sering ketemu beliau, ramah mbahnya suka cerita-cerita. Sehat terus mbah," tulis rahmah.ns.


"Pernah lihat beliau di depan UNS dan menggelar lapaknya di sebelah barat. Semoga beliau sehat-sehat dan lancar rejeki," kata mardiant_bagus.

Banjir Air Mata

Video ini pun juga membuat haru warganet. Banyak di antaranya yang mendoakan bagi keselamatan dan kehidupan Pak Min saat ini. 



"Ya Allah Ya Robb," tulis aishaarsy.


"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Gusti Allah yang membalas pak," kata awangetna.


"Selalu menangis terharu kalau lihat orang tua begini, ingat Alm. Bapak saya juga pejuang," tulis srirosanawati


SUMBER MERDEKA,COM

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dulu Mati-matian Rebut Kemerdekaan, Kini Seorang PETERAN Banting Tulang Jualan Mainan Di Usia 87 tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Menyalinkode AMP

Iklan Tengah Artikel 1

Menyalinkode AMP

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel